Powered By Blogger

Label

catatan

santri jombangan tertek pare kediri

celoteh Santri Error

Perjalanan mendjadi seoerang seantie ternyata penuh dengan kenangan jang pahit dan menyenangkan. buat kamu2 yang ingin menorehkan kata2 kritik saran saya persilahkan. khozinatul asror

Minggu, 06 September 2009

Celoteh Santri Error 2

BENGKEL AKHLAK
KIAT PRAKTIS MENJADI ORANG TERPERCAYA

Aku harus jujur yang terbukti dan teruji
a. Aku menyadari bahwa kejujuran adalah perilaku kunci yang sangat efektif untuk membangun kredibilitas. Sebaliknya ketidak jujuran akan menghancurkanku.
b. Karenanya aku tidak akan sekali-kali berbohong atau terpancing untuk menambah omongan sehingga menjadi dusta meskipun hanya dengan gurauan.Aku hanya mengatakan apa yang kuyakini kebenarannya.
c. Aku tidak akan pernah mengingkari janji, aku meyakinkan bahwa janji yang kuucapkan sudah aku perhitungkan matang-matang dan aku akan berusaha keras untuk memenuhi janji itu meskipun harus mengorbankan banyak hal.
d. Aku akan tepat waktu dalam segala hal, tidak akan terlambat atau menunda-nunda, atau bahkab mengakhirkan padahal masih banyak kesempatan.
e. Akan kubiasakan mempunyai fakta dan data yang jelas, bersikap terbuka atau bertindak sembunyi-sembunyi kecuali yang menurut agama memang patut disembunyikan
f. Aku harus memiliki kemampuan untuk mengevaluasi diri, memperbaiki diri,dan bertanggung jawab dengan tulus terhadap apapun yang terjadi sehingga akan nmenjadikan pancaran yang akan turut menghapuskan kesalahan yang pernah akau lakukan.
g. Aku tidak akan patah semangat dan berputus asa. Peluang untuk berubah sdangat luas,namun semua butuh proses. Percayalah Tuhan Maha Pemberi Jalan dan sangat mudah bagi Nya untuk memuliakan atau menjatuhkan siapapun.
Aku harus cakap
a. Aku menyadari walaupun kejujuran sudah terbukti dan teruji, apabila lalai dalam melaksanakan tugas tetap akan merontokkan kredibilitasku
b. Sehingga akau menyadsari sangatlah penting untuk memiliki selera dan tradisi berbuat, berkarya semaksimal mungkin tidak hanya sesuai target bahakan melampaui target
c. Untuk menjadi cakap aku tahu kuncinya yaitu harus melatih diri, mengembangkan wawasan dan ketrampilan secara kontinyu dan sistematis sehingga memiliki kesiapan yang memadai
d. Setiap melakukan sesuatu aku mengawalinya dengan perencanaan yangbaik karena p[erencanaan yang gagal berarti merencanakan kegaalan. Motoku” LEBIH BAIK BERSIMBAH KERINGAT DALAM LATIHAN DARI PADA BERSIMBAH DARAH DALAM PERTEMPURAN’’.
e. Aku selalu melakukan chek dan recheck. Ini agar kesempatan untuk mellakukan kesalahan dapat aku minimalkan.
f. Segala sesuatu harus akau lakukan dengan kesungguhan, hati-hati dan cermat. Jangan menganggap remeh kelalaian dan kecerobohan karena ini biangnya kesalahan dan kegagalan.
g. dalam setiap tahapan aku selalu mengevaluasi diri sebagai control agar aku tidak kebablasan dalam melakukan kesalahan. Percayalah dengan merenung sejenaka akan membuat karyaku semakin bermutu.

h. Aku harus menyempurnakan amal karena itu merupakan kenikmatan. Sekali lagi, akan aku nikmati penyempurnaan yang bias kulakukan.

i. Jikalau aku trgelincir melakukan kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja, aku tidak aklan rontok seolah-olah habislah segalan. Ingatlah kalau nasi sudah menjadi bubur pola pikirku adalah menjadikan bubur itu bubur ayam special

Aku harus inovatif

a. Aku menyadari bahwa sesuatu yang adaakan berubah. Di dunia ini tidak ada yang tidak berubah kecuali perubahan itu sendiri. Oleh karena itu aku persiapakan diri untuk mengikuti perubahan. Sebab jika tidaka mengikuti perubahan aku akan tergilas oleh perubahanitu.
b. Amatlah rugi bagiku bila hari kemarin sama dengan hari ini, celakalah aku bila hari ini lebih buruk dari hari kemarin. Ini berarti aku akan tertingal jauh dengan orang lain yang memiliki commit dengan perubahan.
c. Untuk bias inovatif aku senantiasa membaca dan menulis sehingga kumiliki perpustakaan pribadi, kusediakan dana untuk membeli buku bacaan dan kuluangkan waktu untuk membacanya.
d. Akupun harus banyak berdiskusi dan membaca, caranya dengan kucari banyak teman dari berbagai disiplin ilmu dan kubiasakan untuk terus dapat masukan,baik dengan terus bertanya maupun mendengarkan.
e. Akupun harusbanyak melihat danmengdakan sdtudi banding. Kunjunganku baik resmi maupun tidak ke tempat yang dapat menambah wawasan, memancing inspirasi,membuka visi baru,Pasti dapat menemukan nuansa baru yang dapat membangkitkan potensiku yang lama terpendam.
f. Kumiliki waktu luang untuk merenung dan melakukan tafakur tanpa mengganggu kegiatan rutinku.Bagiku sebaai umat islam Allah telah menyediakan tempatnya, yaitu tahajud dengan simbahan air wudhu, kemudian sujud dan menyerahkan diri. Hal ini nampak sekali bagiku dalam mengevaluasi langakahku ke dfepan.
g. Aku harus banyak berbuat dan mencoba. Guru terbaik bagiku adalah pengalamn.
h. Akupun harus banyak beriubadah dan berdoa. Aku sadar bahwa penuasa segalanya adalah Alloh.
i. Sungguh kapanpun aku mati, aku telah siap dengan segala sesuatunya setelah aku persembahkan yang terbaik bai Allah. Insya Allah apa yang kulakukan bermakna bagi dunia dan akherat nanti.


Amin...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar