Powered By Blogger

Label

catatan

santri jombangan tertek pare kediri

celoteh Santri Error

Perjalanan mendjadi seoerang seantie ternyata penuh dengan kenangan jang pahit dan menyenangkan. buat kamu2 yang ingin menorehkan kata2 kritik saran saya persilahkan. khozinatul asror

Jumat, 04 Desember 2009

OBAT PENENANG HATI

Obat Penenang Hati
1. Ada salah seorang sahabat Nabi ( aku lupa nama dari sahabat Nabi tersebut ), dan dia punya bebrapa orang santri. Sauatu hari, seorang santrinya mengeluh kepada sahabat tersebut. “ Akhir- akhir ini saya sering kurang nikmat tidur, fikiran saya tidak karuan, hati saya tidak tenang, dan perilaku saya pun tidak menentu”, kata sang santri. “ Saya minta tolong kepada tuan, nasihati saya supaya permasalahan yang sedang saya hadapi bisa terpecahkan”, lanjut santri. Sahabat pun menjawab, “ Ada tiga hal yang perlu kamu lakukan dan insya Allah akan membuat kamu tenang”…

2. Bacalah Al-qur’an, dan kalau kamu tidak mampu, dengarkanlah orang yang sedang membaca Al-qur’an dengan setulus hatimu. Mungkin untuk kita tidak terlalu sulit kalau hanya sekedar membaca Al-qur’an, bahkan mungkin kita setiap habis sholat selalu membaca. Tapi yang sulit adalah memahami makna dari setiap ayat yang kita baca, dan menerapakan dalam kehidupan sehari- hari.

3. Ajaklah dirimu dan hatimu untuk hadir dalam majlis ta’lim, karena disanalah tempat dimana kamu akan selalu diajak menuju kebaikan. Kalau untuk hadir dalam majlis ta’lim, bagi sebagian orang adalah hala yang berat. Apalagi bagi orang yang masih berumur muda, itu akan lebih sulit ( termasuk aku ). Pegel, ngantuk, dan bosen akan menjadi halangan utama yang berdiri kokoh untuk menghadang langkah kaki menuju majlis ta’lim. Nongkrong di mall, cafĂ©, atau hura- hura di dikostik, adalah tempat favorit bagi sebagian anak muda ( kalau yang ini tidak termasuk aku ). Dari pada mereka harus duduk manis, mendengarkan ustad berbicar serta megajak kita untuk menuju jalan yang baik.

4. Berdzikir dan berdo’alah kepada Allah. Dengan berdzikir, kita akan selalu meningat Allah, akan selalu takut kapadanya. Lantas ketenangan akan hadir menghiasi hati kita, mengalahkan kegundahan dan ketidakjelasan fikiran. Dan do’a adalah obat yang mujarab, dengan meminta kepada Allah dan DIA akan mengabulkannya.

5. Karena terlalu menumpuknya pekerjaan, masalah- masalah yang ada, dan berbagai hal yang kadang membuat hati kita tidak tenang. Tentunya kita butuh obat, obat yang akan menghilangkan kepenatan dan kegundahan hati. Ketiga nasehat dari sahabat Nabi kepada santrinya, adalah yang perlu kita coba. Seperti dalam lirik lagu yang di senandungkan oleh, “ bila hati tak gelisah, tak tenag, tak tentram. Bila hatimu goyah, terluka, merana. Jauhkah hati ini, dari Tuhan, dari Allah”. Dengan mendekatkan diri kepada Allah, kita akan selalu merasa tenang. Dan saat kita jauh dari-NYA, kegundahan dan kegelaisahan akan dengan mudah bersemayam dalam hati..
Semoga kita dapat tuk menjadi orang yang selalu menjaga hati kita, entah itu dalam tingkah apa saja dan dimana saja. Amin3X yarobbal Alamin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar